Sabtu, 24 Juli 2010

Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Diposkan oleh Resti Lestarini di 21.56


Berikut adalah contoh artikel yang ku dapat dari koran Kalteng Pos. Guru kami meminta untuk mencari pokok isi artikel dan memberi tanggapan atau persetujuan terhadap pendapat penulis. Ini dia contohnya:


Minta Kades Tumbang Puroh Diganti
Kalteng Pos: Jumat, 23 Juli 2010
Penulis:Lukas Suder Posy
Jalan Kecubung No 74 Palangka Raya

HAMPIR satu tahun lebih kades (SJ) dilantik menjadi Kades Tumbang Puroh dan selama menjalankan tugasnya; sangat disayangkan pada saat (SJ) menjabat kades Puroh selalu dikendali oleh orang lain sehingga bisa mempengaruhi tugasnya sebagai kades, tugasnya dimanfaatkan untuk kepentingan pribadinya dan kerjasama dengan orang tertentu sehingga kepentingan umum di masyarakat diabaikan.
Hal yang seperti ini menjadi perhatian serius bagi semua pihak khususnya pemerintah Kecamatan Kapuas Hulu dan Pemerintah Kabupaten Kapuas agar bertindak tegas dengan oknum kepala desa (SJ) yang tidak memberikan contoh sebagai pelayan masyarakat mewakili pemerintah yang ada di desa.
Saya mendukung atas kegiatan rapat BPD Tumbang Puroh bersama masyarakat lainnya yang menggantikan jabatan Kades Puroh (SJ) dan langkah yang diambil masyarakat langkah yang sangat tepat dan sesuai undang-undang otonomi daerah nomor 22 Pemerintah Daerah BAB XI Bagian kedua tentang Pemerintah Desa Pasal 103 ayat (1) huruf C,e dan ayat (2), saya meminta pihak pemerintah Kecamatan Kapuas Hulu maupun Kabupaten Kapuas segera menindaklanjuti hasil rapat BPD dan masyarakat Desa Tumbang Puroh, kalau ada pihak-pihak yang ingin mempertahankan (SJ) sebagai Kades Puroh artinya semua kegiatan yang dilakukan oleh (SJ) pasti ada konspirasinya untuk berbisnis selanjutnya.


Pokok-pokok isi artikel:
- Kades Tumbang Puroh, (SJ), yang telah menjabat selama satu tahun lebih tidak menjalankan tugasnya dengan baik. Itu disebabkan karena tugasnya dilakukan oleh pihak lain yang tidak berkepentingan.
- Pemerintah Kecamatan Kapuas Hulu dan Pemerintah Kabupaten Kapuas ingin bertindak tegas dengan oknum kepala desa (SJ).
- Masyarakat menginginkan kades (SJ) diganti. Hal yang dilakukan masyarakat tersebut sesuai dengan undang-undang otonomi daerah nomor 22 Pemerintah Daerah BAB XI Bagian kedua tentang Pemerintah Kepala Desa Pasal 103 ayat (1) huruf C,e dan ayat (2).

Alasan:
Saya setuju dengan pendapat penulis karena apa yang dilakukan kades (SJ) tersebut tidak bertanggung jawab dan ditambah lagi dengan pihak lain yang ikut campur untuk menjalankan tugasnya sebagai kades. Karena itu juga kepentingan masyarakat di Desa Tumbang Puroh diabaikan.

6 komentar:

Vincent mengatakan...

saya mau cari artikel bahasa indonesia yang panjang sih. saya sih mw ambil artikel ini, tp tkt singkat betul hehehhe

Resti Lestarini mengatakan...

To Vincent: O, Kamu bisa cari artikel yang lebih banyak lagi di harian Kompas, Viva News, dll. Terimakasih atas kunjungannya, ya??
God bless you...

Anonim mengatakan...

makasi tas artikel ny
ne dag bntu sya tuk ngrjai tugas...............

Resti Lestarini mengatakan...

Anonim:Iya, sama2. Good luck friend? :) JCbless

dangda rosada mengatakan...

aku ijin kopas yah,,,

Resti Lestarini mengatakan...

Dangda Rosada: Iya. Terimakasih sudah mengunjungi blogku ya? :) GBU

Poskan Komentar

Silahkan di isi ya????

 

Resti Lestarini Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea